Penulis: Hj. Farida Hanum

Penerbit: Pustaka Raudhatul Muttaqin

RESENSI

Dunia sudah terlalu sesak dengan orang yang cantik, tampan dan mempesona secara fisik. Itulah memang yang dituju oleh segenap ritual berdandan oleh manusia hari ini. Hanya saja, semua itu tak berbanding lurus dengan watak dan perilakunya, bukannya mereka semakin bijak tapi banyak yang malah bertambah bejat. Korupsi terjadi hampir di setiap instansi, pemerkosaan dan pelecehan seksual terjadi dimana-mana. Korbannya tidak hanya orang lain, bahkan juga anggota keluarga sendiri. Jika demikian, apakah kita masih beranggapan bahwa berdandan dan berhias cukup hanya untuk tubuh fisik kita yang fana ini saja?

Untuk diketahui bahwa cahaya yang memancar dari dalam diri manusia tidak berasal dari pesona kemolekan atau keperkasaan tubuh. Sumber cahaya itu adalah kemuliaan yang tertanam di dalam ruh manusia. Buahnya adalah akhlak yang mulia, bunganya adalah tutur kata yang mengandung hikmah, itulah busana kehormatan yang bertahtakan cahaya. Busana yang menurut Abu Thoyyib Al-Mutanabbi, sebagaimana dikutip di awal tulisan ini; di dalamnya kemuliaan bersemayam, dan terdapat cahaya yang mengatasi setiap cahaya.

Inilah buku yang hendak menghiasi manusia dengan cahaya itu. Kualitas cahaya akhlak dan sifat-sifat yang baik pada gilirannya akan mendatangkan cinta dari Allah SWT. Semoga kita bisa membaca dan lalu mengamalkannya dalam perilaku kehidupan sehari-hari. Amin.